Masalah Harga Kedelai, Bukti Negara Tak Berdaulat dalam Pangan - DUNIA MAHASISWA INDONESIA
Home » » Masalah Harga Kedelai, Bukti Negara Tak Berdaulat dalam Pangan

0 Masalah Harga Kedelai, Bukti Negara Tak Berdaulat dalam Pangan


Jakarta Harga kedelai dalam negeri belakangan ini melonjak tajam. Kejadian ini menjadi bukti bahwa negara tidak memiliki daulat penuh terhadap ketahanan pangan nasional.
"Ini bukti negara kita tidak berdaulat secara pangan. Pangan nasional bergantung terhadap negara produsen," ujar anggota Komisi IV, Viva Yoga Mauladi, saat dihubungi, Kamis (26/7/2012).

Viva mengaku bingung dengan pemerintahan. Pasalnya negeri ini dikaruniai oleh tanah yang subur. "Tapi manajemen pembangunan yang tidak bagus," lanjut Wakil Sekjen DPP PAN ini.

Menurut Viva, hampir seluruh komiditi pangan saat ini bergantung dari impor. Mulai dari beras, jagung, kedelai, susu bahkan hingga garam. Kondisi ini terjadi karena pemerintah tidak serius dalam memperbaiki manajemen pembangunan pertanian. 

Padahal, Viva yakin jika Indonesia memiliki banyak sekali jago-jago di bidang pertanian. Seharusnya, lanjut Viva, para ahli tersebut bisa menelurkan terobosan teknologi pertanian.

"Padahal sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan petani," tandasnya.

Seperti diberitakan, selama tiga hari ke depan perajin tahu dan tempe di Jakarta akan mogok membuat tahu dan tempe. Hal itu dikarenakan mahalnya harga bahan bau pembuatan kacang dan kedelai. Bahkan ada aksi sweeping terhadap perajin tahu dan tempe yang masih berjualan di pasar.


Sumber : Detik.com
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

Posting Komentar

 

JAM GARUDA

Guestbook


Site Info

Rank Widget

Support : Eka Hidayatullah | Dunia Mahasiswa Indonesia | STAIN Jurai Siwo Metro
Copyright © 2011. DUNIA MAHASISWA INDONESIA - All Rights Reserved
Template Modify by Eka Hidayatullah
Proudly powered by Blogger